google.com, pub-7319946092747683, DIRECT, f08c47fec0942fa0 kreasi-undangan.blogspot.com: 10 Jenis TARI DAERAH SUMSEL - Gambar dan Penjelasan (Tarian Khas Sumatera Selatan)

Monday, April 8, 2024

10 Jenis TARI DAERAH SUMSEL - Gambar dan Penjelasan (Tarian Khas Sumatera Selatan)

10 JENIS DARI DAERAH SUMATERA SELATAN

1. TARI GEDING SRIWIJAYA


Tarian yang paling populer di Sumatera selatan yaitu Tari Gending Sriwijaya warisan dari kerajaan Sriwijaya. Tarian ini dulunya hanya dipentaskan pada acara kerajaan namun sesuai dengan kemajuan zaman akhirnya tarian ini biasa dipentaskan pada acara-cara masyarakat umum hingga saat ini khususnya masyarakat Sumatera Selatan.
Tari ini biasanya berjumlah 9 orang penari wanita dan 2 orang laki-laki laksana pengawal dengan atribut payung dan tombak. Salah satu penari utama akan membawa Tepak tempat sirih yang merupakan inti maksud dari tarian ini. Tepak tersebut dipersembakan kepada tamu khusus sebagai ungkapan penghormatan  kepada tamu tersebut.

2. TARI TANGGAI


Berikutnya adalah Tari Tanggai. Tarian ini juga berasal dari daerah Sumatera Selatan. Tarian ini adalah tarian ungkapan selamat datang atas penyambutan terhadap tamu baik untuk tamu suatu acara khusus atau tamu dari negara lain. 

3. TARI PUTRI BEHUSEK


Tari dari dari OKU (Ogan Komering Ulu) juga memperkaya khasana tarian Sumatera Selatan. Tari Putri Bekhusek yang menceritakan suasana putri yang sedang bermain (Behusek) dalam bahasa daerah Sumatera Selatan. Di perankan oleh beberapa penari dilengkapi dengan beberapa atribut penari. Tari ini juga melambangkan kemakmuran dan kebahagiaan.

4. TARI TENUN SONGKET


Tari yang khusus berasal dari Kota Palembang ini adalah Tari Tenun Songket. Tenun Songket adalah produk khas Palembang. Tarian ini menceritakan atau menggambarkan wanita-wanita yang sedang menenun songket diperankan dengan ceria dan gembira yang juga merupakan hasil karya kebanggaan Kota Palembang. 

5. TARI RODAT CEMPAKO


Tari ini sepertinya dipengaruhi oleh kebudayaan dari Timur Tengah karena dulu Indonesia adalah daerah perdagangan  yang berhubungan dengan pedagang dari timur tengah. Tari Rodat Cempako bernuansa Islami menggambarkan kebersamaan dan persatuan umat Islam, silaturahmi dan kebersamaan merupakan ciri ajaran Islam diperagakan dalam bentuk tarian.

6. TARI KIPAS SERUMPUN




Berikutnya adalah Tari Kipas Serumpun berbentuk tari kreasi yang berasal dari Kabupaten Banyuasin di Provinsi Sumatera Selatan. Makna yang diungkapkan pada tari ini adalah tentang jalinan persahabatan diantara masyarakat. Tarian ini dipergakan dengan maksud untuk menyatukan warga setempat dalam suasana kegembiraan bersama.

7. TARI PAGAR PENGANTIN


Tarian ini sering ditampilkan saat resepsi pernikahan. Tari Pagar Pengantin adalah salah satu tarian daerah tradisional dari Kota Palembang Sumatera Selatan yang menceritakan pasangan pengantin yang akan melepas masa lajang juga sebagai perpisahan dengan orang tua adalah digambarkan dalam tarian ini. 

8. TARI KUBU


Tarian tradisional berikut ini adalah Tarian Kubu. Tarian ini merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Suku Kubu yang menetap di perbatasan antara Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

9. TARI NGANTAT DANDAN


Arti dari Ngantat Dendan yaitu mengantarkan barang-barang pinangan. Tarian ini menceritakan iring-iringan dari pengantin pria didalam pernikahan adat Kota Lubuk linggau, Provinsi Sumatera Selatan. Tari Ngantat Dendan berciri khas beberapa wanita mengangkat barang di atas kepalanya ditahan menggunakan selendang.

10. TARI SELUANG MUDIK


Tarian adat Sumsel yang bernama Tari Seluang Mudik yang artinya Ikan mudik atau pulang. Tarian ini berasal dari daerah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Ciri dari tarian Seluang Mudik ini menceritakan tentang tingkah laku dan juga gerak-gerik Ikan Seluang yang sedang berenang mudik.

No comments:

Post a Comment

SEPATU WANITA KOREA KEREN & MURAH

 SEPATU WANITA KOREA STYLE  MURAH BANGET ! LIHAT DETAIL & HARGA MESIN SERBAGUNA  PENGGILING DAGING PORTABEL HARGA MURAH BANGET ! Cuma S...

TOPIK POPULER