google.com, pub-7319946092747683, DIRECT, f08c47fec0942fa0 kreasi-undangan.blogspot.com: SUDAH REGISTRASI ( DAFTAR ) PPDM NON ASN TAPI BLM DAPAT PASSWORD | JANGAN PANIK | SIMAK SOLUSINYA

Friday, April 5, 2024

SUDAH REGISTRASI ( DAFTAR ) PPDM NON ASN TAPI BLM DAPAT PASSWORD | JANGAN PANIK | SIMAK SOLUSINYA

Berikut ini Contoh Registrasi Non ASN  pada KEMENTRIAN AGAMA

Untuk Melakukan Pendaftaran buka Link Websitenya sbb : 


https://pdm-nonasn.kemenag.go.id




Yang Pertama harus kita pahami yaitu ALUR PENDAFTARAN / PENGISIAN DATA sbb :



ALUR PENGISIAN DATA terdiri dari 5 TAHAP

Tahap 1 

CEK DATA DIRI

Cek data diri dengan memasukan NIK & Nomor KK

Kemudian Setelah memasukan Kode Captcha dengan benar maka akan ada info bahwa data tersedia, baru lanjut ke tahap REGISTRASI ULANG 


Bagian 2

REGISTRASI ULANG

Pada bagian ini anda akan diminta mengisi data Nama, NIK, No. KK, Email Aktif, serta Nomor WA  ( Password akan dikirim melalui WA yang telah diinput tadi jika Pengisian Data pada Tahap ini sukses.

Terkadang kendala yang yang dihadapi setelah sukses mengisi data, namun Password yang dinantikan di WA tidak kunjung ada, akibatnya tidak bisa melakukan tahap LOGIN, karena belum memiliki Password, sementara Username dan Email statusnya sudah Terdaftar (tidak bisa didaftar ulang lebih dari sekali), tentu hal ini akan membuat bingung, tapi jangan panik dulu nanti kita bahas.

Berikut tampilan Pengisian Data Registrasi Ulang sbb : 




Pastikan semua data telah terisi dengan benar

Lalu masukan Kode Captcha dengan benar hingga Registrasi berhasil


3.  Tahap 3 

LOGIN


Pada tahap ini yang harus disiapkan yaitu  User name berupa NIK/NIP
dan Password, Setelah memasukkan Username & Password, 
Lalu kembali masukkan kode Captcha dengan benar


Berikut tampilan saat LOGIN



Tahap 4

LENGKAPI DATA

Jika LOGIN berhasil, maka selanjutnya akan masuk ke Dashboard Akun 
Di dalam akun yang telah terbuka ini, anda dapat mengupdate data-data yang diminta antara lain Data Pendidikan, Data Pekerjaan, Upload Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, serta Perlu Mengupload Pas Foto. 

Perhatian !

(Jangan dulu buru-buru menekan tombol Ajukan Data jika semua data belum lengkap terisi dan terupload karena data akan terkunci tidak bisa lagi diperbaiki jika ada kesalahan)



Pada Tahap ini terdiri dari 2 bagian utama yaitu Beranda & Profil




Beranda, Berisi info penting mengenai Pendaftaran (Registrasi) bahkan info mengenai Password yang dinantikan.

Profil,     Terdiri dari 5 Bagian yaitu : Data Pribadi, Riwayat Pendidikan, Riwayat Pekerjaan, Dokumen, Ajukan Data

Pada bagian Profil inilah dilakukan pengisian data-data pendidikan berikut upload berkas Ijazah dari SD sampai Ijazah terakhir, pengisian data pekerjaan beriikut upload berkas/SK masing-masing bagian, serta upload Dokumen Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak.


Tahap 5

AJUKAN DATA

Dan pada pada bagian akhir yaitu AJUKAN DATA, jika dirasa semua data sudah terisi dan terupload dengan benar.

    
Jika AJUKAN DATA telah berjalan dengan sukses, maka Toolbar Ajukan Data akan berubah menjadi Toolbar BUKTI PENDAFTARAN  berupa File PDF hasil Pendaftaran.

Print out dan simpan sebagai Arsip file Pdf tersebut.

Berikut contoh Print out File Pdf Bukti Pendaftaran
   





CATATAN !

KENDALA YANG PERNAH DIALAMI YAITU BELUM MENERIMA PASSWORD SETELAH MELAKUKAN REGISTRASI ULANG, SEMENTARA NIK & EMAIL SUDAH TERDAFTAR, SEHINGGA PENULIS BELUM BISA MELAKUKAN LOGIN SAAT ITU.
 

Jangan panik dulu, pengalaman yang pernah penulis alami, setelah menunggu lebih dari satu hari, cek WA masih juga belum ada WA masuk informasi Password, akhirnya beberapa hari kemudian ada info pada Website bahwa Password sementara menggunkan nomor KK dan disarankan setelah LOGIN untuk melakukan pengubahan Password tersebut.

      


Kesimpulan !

Dalam hal ini ternyata setelah melakukan Registrasi tidak Auto mendapatkan Password dalam waktu yang singkat, membuat bingung yang belum tahu info apa yang harus dilakukan (tidak seperti layaknya daftar email yang auto mendapatkan kode OTP). 

Semoga ke depannya pihak yang berkepentingan bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan dan meningkatkan performanya, antara lain fasilitas chat atau layanan informasi, WA & Email yang bisa dihubungi, Tab reset password, dll.

Demikian semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua, Amin ya robbal 'alamin     


No comments:

Post a Comment

SEPATU WANITA KOREA KEREN & MURAH

 SEPATU WANITA KOREA STYLE  MURAH BANGET ! LIHAT DETAIL & HARGA MESIN SERBAGUNA  PENGGILING DAGING PORTABEL HARGA MURAH BANGET ! Cuma S...

TOPIK POPULER