google.com, pub-7319946092747683, DIRECT, f08c47fec0942fa0 kreasi-undangan.blogspot.com: Ecobrick - Pengertian - Cara Pembuatannya - Manfaatnya

Saturday, July 27, 2019

Ecobrick - Pengertian - Cara Pembuatannya - Manfaatnya


ECOBRICK


Ecobrick adalah satu di antara teknik daur ulang sampah dengan cara sangat sederhana, yaitu dengan cara memasukkan sampah-sampah anorganik ke dalam botol-botol kosong hingga penuh dan padat kemudian botol-botol tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan atau membuat suatu bangunan yang ramah lingkungan.

Manfaat Ecobrick 

1.      Mencegah Plastik berakhir di Pembuangan (Landfill)
2.      Membuat suatu barang kerajinan dengan biaya yang lebih 
         ekonomis
3.      Bisa digunakan sebagai material bangunan yang tahan dan awet
4.      Dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai bangunan dari 
         bahan bekas
5.      Ecobrick merupakan solusi yang mudah murah dan  bisa dibuat oleh siapa saja. Bahkan, bisa menjadi inspirasi untuk membangun rumah ramah lingkungan


Cara Pembuatan Ecobrick

Cara membuat ecobriks

Membuat ecobriks seacara prinsip begitu mudah, hanya memasukan plastik kedalam botol plastik. Akan tetapi jika pembuatanya kurang tepat maka desain dan kekuatanya kurang memadahi. Oleh karenanya DLH Kota Jogja membrikan tips cara membuat ecobriks yang benar. 

1. Gunakan bahan yang tidak terurai

Bahan plastik ternyata diolah menjadi sejumlah produk olahan. Bukan hanya plastik kresek (plastic bag) tetapi masih ada berbagai jenis plastik yang bisa digunakan untuk bahan ecobriks diantara yaitu straws, cellphones, packaging, dan bisa pula Styrofoam. 

2. Gunakan tongkat kecil untuk memadatkan

Tongkat kecil ini (misal dari bambu) digunakan untuk memadatkan plastik yang dimasukan kedalam botol. Pastikan memadatkan plastik setelah dimasukan dan jagan menunggu sampai penuh baru dipadatkan. Hal ini agar kepadatan botol merata.


3. Gunakan plastik yang lembut untuk memberi warna pada dasar botol

Masukan plastik yang lembut misal kresek dengan satu warna tertentu, lalu ratakan. Hal ini untuk memberikan warga pada bagian bawah botol tanpa harus mengecatnya. 

4. Gunakan botol plastik dengan merek dan ukuran yang sama

Botol yang memiliki merek dan ukuran yang sama akan memudahkan dalam pengalipasiannya. Karena ukuran botol seragam sehingga bisa lebih leluasa untuk dibentuk.

Melalui empat langkah diatas maka kita sudah bisa membuat ekobriks yang baik dan benar. Selanjutnya bagaimana pengaplikasianya. 


No comments:

Post a Comment

Kumpulan Lirik Lagu Daerah Kota Prabumulih | Lagu Sumatera Selatan ( Sumsel ) | Seinggok sepemunyian | Nanas Prabumulih | Cerite Lame | Ya Saman

SEINGGOK SEPEMUNYIAN Cipt    : Albani                  Voc     : Zulkuspa/Marisca Seinggok sepemunyian Janganlah kite b...

TOPIK POPULER