KATA PENGANTAR
Puji dan syukur Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga penulis dapat menyusun makalah tentang Manfaat Penggunaan Internet untuk pendidikan. Semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan para pelajar tentang seputar Internet dan Pemanfaatannya dalam bidang pendidikan, juga agar pembaca mengerti dan dapat ikut berperan serta dalam meningkatkan mutu pendidikan. Terima kasih penulis ucapkan Ibu Guru Pembimbing yang telah memberikan arahan mengenai cara pembuatan makalah sehingga makalah ini dapat dibuat sebaik mungkin.
Penulis menyadarai bahwa makalah ini belum sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun tentunya penulis harapkan dari para pembaca demi perbaikan dalam pembuatan makalah di masa-masa menatang
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat, baik di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang adalah internet. Kehadiran internet telah mengubah sebagian besar cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari. Internet sebagai media interaktif dapat digunakan setiap orang untuk mendapatkan informasi dari seluruh dunia. Salah satu penggunanya adalah mahasiswa. Mahasiswa dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar alternatif selain buku untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Teknologi informasi mutakhir yang kini banyak dikenal, bahkan sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia adalah internet. Teknologi ini dapat menjadi ruang pertemuan virtual seluruh warga yang tinggal di bumi. Lewat internet, dunia seakan tak berjarak. Internet serasa telah menihilkan lokasi dan waktu. Komunitas penduduk dunia dapat tergabungkan secara maya melalui teknologi yang luar biasa ini. Akan tetapi, di Indonesia, fenomena ini rupanya belum dikenal masyarakat luas. Sebagai piranti teknologi yang memiliki manfaat di bidang yang beragam, internet belum banyak digunakan masyarakat.
Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, mulai banyak situs-situs yang menyediakan content-content untuk belajar. Jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, sehingga menyebabkan banyak bermunculan penyedia hosting situs dalam negeri yang salah satunya adalah situs dengan content berisi pendidikan. Hal ini membuat para pengguna internet yang sebagian besar adalah pelajar dapat memanfaatkan sebagai sumber belajar apabila mereka ingin mendapatkan informasi lebih banyak daripada yang didapatkan di kampus maupun untuk membantu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
Sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang tidak murah. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah, sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya internet memungkinkan mengakses sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi.
Internet merupakan salah satu produk
teknologi yang dapat membantu kita meningkatkan taraf hidup melalui
pendidikan. Meskipun masih banyak tantangan, kita masih bisa memanfaatkan internet sebesar mungkin.
Seseorang dapat mengakses berbagai
referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun
artikel hasil kajian dalam
berbagai bidang. Tidak lagi harus secara fisik
pergi ke perpustakaan yang
terbesar dari perpustakaan yang ada di mana saja. Seseorang cukup hanya duduk saja di depan komputer
(tentunya menggunakan komputer yang
dilengkapi fasilitas koneksi ke internet) dan menggunakannya. Informasi yang tersedia dan dapat diakses
melalui internet tidak hanya ada atau terjadi
di satu negara saja, tetapi juga yang terjadi di seluruh penjuru dunia (global world). Artinya, perkembangan yang terjadi di berbagai negara dapat dengan cepat diketahui
oleh banyak orang. Demikian juga halnya dengan informasi yang menyangkut
bidang pendidikan. Para akademisi merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan
dengan kemunculan internet.
Sebenarnya internet bisa menjadi sumber belajar alternatif yang cukup efektif dan efisien. Selama ini, yang umum dikenal sebagai sumber belajar adalah buku dan pendidik. Padahal, semakin lama sumber belajar tradisional ini semakin terbatas, baik jumlah maupun distribusinya. Dalam hal ini internet bisa menjadi substitusi yang sifatnya lebih untuk melengkapi, bukan menggantikan peran pendidik secara keseluruhan. Pemanfaatan sumber belajar menggunakan alat bantu berbasis teknologi dengan media elektronik saat ini sangat umum digunakan di dunia pendidikan. Misalnya, penyebaran ilmu pengetahuan melalui pemutaran sebuah video, juga penggunaan media audio seperti kaset, hingga penggunaan media proyeksi dengan alat bantu komputer. Kesemua media ini sebenarnya berfungsi hampir sama dengan buku, yakni program yang diputar sesuai kebutuhan.
Bedanya, visualisasi pada buku sangat kurang dan tidak semenarik jika dibandingkan visualisasi yang ditampilkan media elektronik. Apabila keterbatasan akan sumber belajar tradisional menjadi kendala pemerataan kualitas pendidikan, sumber referensi pengetahuan lain harus dicari. Untuk masa kini, internet bisa menjadi jawaban alternatif bagi sumber belajar. Kendala jarak, waktu dan lokasi telah dinihilkan dengan adanya internet. Selain itu, keragaman jenis informasi yang terdapat di dalamnya melebihi pengetahuan buku atau pendidik. Dalam kegiatan belajar di universitas, seorang mahasiswa harus membiasakan diri dengan cara baru dalam mengikuti pendidikan. Mahasiswa harus mencari sendiri bagaimana caranya untuk menyerap apa yang dikuliahkan oleh para dosen. Membaca berbagai literatur yang berkaitan dengan topik yang disampaikan oleh dosen akan memberikan pemahaman yang komprehensif dan memperluas wawasan. Seorang mahasiswa juga harus berupaya untuk berintegrasi dengan teknologi. Teknologi informasi sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan komunikasi membuat perubahan dalam melakukan sesuatu termasuk cara dalam mengidentifikasi dan mendapatkan informasi
Sumberdaya informasi web atau internet tumbuh dan berkembang, bahkan dalam jenis tertentu melebihi jumlah yang berhasil dikumpulkan oleh perpustakaan bentuk fisik. Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran. Pesatnya perkembangan kuantitas pengguna internet juga turut meningkatkan nilai manfaat dari internet itu sendiri. Namun sayangnya masih banyak dari pengguna internet yang belum memanfaatkan internet dalam mendukung pendidikan mereka, sebagai salah satu layanan temu balik informasi. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. Penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana para pelajar telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, ada beberapa masalah yang mengemuka yang perlu mendapatkan pembahasan yaitu:
1.
Bagaimana pola pemanfaatan internet
oleh pelajar?
2.
Sejauh manakah pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar para siswa?
3. Faktor apa yang mendukung pelajar memanfaatkan
internet sebagai
sumber belajar?
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk:
1. Mengetahui cara pemanfaatan internet
oleh para pelajar.
2. Mengetahui
sejauhmana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Para pelajar.
3. Mengetahui faktor yang mendukung para pelajar memanfaatkan internet sebagai
sumber belajar.
D.
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah:
1.
Bagi penulis,
untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman tentang
sejauh mana peran internet sebagai
sumber belajar.
2. Bagi pemerhati internet, untuk mengetahui sejauhmana internet dimanfaatkan dalam mendukung kegiatan perkuliahan.
3. Bagi pelajar, sebagai tambahan pengetahuan tentang
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar.
7
BAB II
7 |
PEMBAHASAN
A. Internet dan Manfaatnya
Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah
mengandung pengertian
sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian . Jaringan internet
juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia
secara instan dan global. Internet
dapat diartikan sebagai
jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer
dari suatu negara ke negara
lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat
berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Semua komputer yang terhubung
ke internet melakukan pertukaran informasi
melalui protokol yang sama yaitu dengan cara TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol
Internet adalah milik publik, saling bekerjasama dan fasilitas berkesinambungan (selfsustaining) kepada
ratusan bahkan jutaan
manusia di seluruh dunia. Secara fisik, internet menggunakan sebagian sarana jaringan
telekomunikasi publik. Secara teknik, internet menggunakan protokol
TCP/IP. Intranet dan ekstranet adalah
jaringan komputer yang masih tergabung dalam satu perusahaan, lokasi masing-masing komputer yang
menghubungkan antara perusahaan dengan pemasoknya atau antara perusahaan dengan para pelanggannya.
Peranan dan penggunaan internet telah mulai dikenal pasti dapat membantu pengurusan dalam sistem pendidikan negara khususnya dalam pelaksanaan proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas yang secara langsung melibatkan mahasiswa sebagai peserta didik, tenaga pengajar dan orang tua serta masyarakat yang peduli dengan pendidikan Penggunaan mail elektronik (e-mail) di kalangan para pelajar dapat meningkatkan semangat belajar. Nolan dan Martin (1994) menyatakan bahwa pembelajaran dalam suasana baru seperti menggunakan internet telah membawa banyak perubahan pada peserta didik. Peserta didik lebih memahami materi yang ada dalam internet dan dapat berpikir kritis. Peranan internet bagi pelajar guna pengembangan daya atau kemampuan berpikir kritisnya yaitu sebagai berikut
A. Fasilitas yang Tersedia di Internet
Fasilitas aplikasi internet cukup banyak sehingga mampu memberikan dukungan bagi keperluan militer, akademisi, kalangan media massa, maupun kalangan bisnis. Diantara keseluruhan fasilitas internet tersebut terdapat aplikasi standar internet yang dapat dipergunakan untuk keperluan pendidikan antara lain yaitu:
1. World Wide Web (www)
World Wide Web adalah layanan internet yang paling
banyak dikenal orang dan paling cepat
perkembangan teknologinya. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text,
dan program perangkat lunak yang menyusunnya
menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat
menampilkan HTML (skrip halaman web).
World Wide Web (biasa disingkat WWW)
atau web adalah salah satu dari sekian
banyak layanan yang ada di internet. Layanan ini paling banyak digunakan di internet untuk menyampaikan informasi
karena sifatnya mendukung
multimedia. Artinya informasi tidak hanya disampaikan melalui teks, tapi
juga gambar, video dan suara. Web Server adalah komputer yang
tergabung dalam jaringan atau
internet yang memberikan informasi.
2. E-Mail
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama
umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana mengirim surat
melalui jalur internet. Dengan surat
biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan
Internet. Email adalah surat atau pesan elektronik yang
dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja
seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet
kita masih bisa menerima email dari seluruh
penjuru dunia. Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri
dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi.
3. File Transfer Protocol (FTP)
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol
Internet yang berjalan di dalam lapisan
aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol
Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih
digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan
(upload) berkas-berkas komputer
antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan
aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-
perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara
server FTP adalah sebuah Windows Service
atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons
perintah-perintah dari sebuah klien FTP.
4. Newsgroup
Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa newsgroup. zSetiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjai beberapa subtopik dibawahnya contoh newsgroup: rec.arts.cinema
5. Search Engine
Untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat
melalui halaman internet, saat ini telah dikembangkan mesin
pencari ada banyak
pilihan search engine yang bisa dimanfaatkan dan masing-masing memiliki
keistimewaan. Namun pada prinsipnya semua search engine mempunyai fungsi sama yaitu mencari
serta menganalisis semua halaman web, kemudahan membuat indeks kata bersama dengan daftar URL, halaman dan tempat dimana kata kunci yang dicari dapat ditemukan. Ada beberapa search engines
yang populer dan sering dimanfaatkan antara lain yaitu Yahoo dan Google.
B. Faktor Pendukung Pemanfaatan Internet Sebagai
Sumber Belajar
Berkenaan dengan faktor pendukung pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. berikut adalah petikan hasil wawancara dengan responden mengenai factor pendukung internet sebagai sumber belajar.
Faktor-faktor tersebut antara lain:
1.
Sumber belajar
yang ada di internet lebih
lengkap
Berbeda dengan buku, internet
menyediakan sumber wacana yang lebih lengkap. Buku yang ada hanya menyediakan informasi terntentu sesuai dengan judul buku yang ada. Sedangkan
internet menyediakan banyak informasi sebagai
sumber belajar sesuai
dengan informasi yang dicari.
2.
Mempermudah untuk
mengerjakan tugas
Seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya, bahwa internet sangat membantu mahasiswa
dalam mengerjakan tugas. Dalam internet menyediakan banyak informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas
pelajaran. Namun banyak pelajar yang menyalahgunakan penggunaan internet dalam membantu
pengerjaan tugas sekolah. Sebagian besar pelajar hanya mengambil informasi yang berhubungan dengan tugas misalnya,
jika pelajar mendapat
tugas membuat makalah, maka pelajar akan mencari makalah
yang isinya sama dengan tugas mereka
3.
Informasi yang ada lebih
jelas dan valid
Informasi yang ada di internet setiap hari selalu mengalami pembaruan. Hal tersebut yang mendorong mahasiswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
“Informasi yang ada di internet biasanya setiap hari ada yang
baru.
4.
Lebih cepat dalam pencarian
informasi
Kecepatan dalam mendapatkan informasi
adalah salah satu faktor yang mendukung
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Pelajar tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari
informasi yang mereka inginkan. “Mencari
informasi atau data di internet lebih
cepat daripada mencari di buku, waktunya banyak terbuang untuk mencari
buku. Kita harus mencari dulu buku.
5.
Sumber pengetahuan lebih lengkap
Sumber pengetahuan yang ada di internet
lebih lengkap dibandingkan sumber belajar yang lain. Pengetahuan yang ada pun tidak hanya berasal dari dalam
negeri melainkan dari berbagai negara
yang ada di seluruh belahan
dunia. Pengetahuan yang ada pun tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia melainkan menggunakan bahasa universal atau bahkan bahasa
yang ada di masing-masing negara.
6.
Berita yang up to date (terbarukan)
Pada
bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa berita atau informasi yang ada
di internet selalu mengalami pembaruan atau selalu up date. Pembaruan
tersebut sangat membantu
dalam mendapatkan informasi yang aktual dan terpercaya.
7.
Biaya lebih murah
Biaya yang terjangkau merupakan faktor
pendukung internet dijadikan sumber belajar. Dikatakan
murah karena mahasiswa
tidak perlu membayar
mahal untuk membeli
informasi yang mereka butuhkan. Akan tetapi mereka hanya cukup membayar biaya dalam mengakses internet. Biaya yang mereka
keluarkan setiap mengakses dapat dijangkau oleh uang yang mereka miliki.
8.
Mudah diakses
Kemudahan akses internet menjadikan
internet sebagai sumber belajar favorit di kalangan mahasiswaa. Kemudahan
akses ini didukung
dengan banyaknya provider yang menyediakan jasa internet. Persaingan dunia telekomunikasi menyebabkan semakin
mudahnya orang mengakses internet.
9.
Keingintahuan
Rasa ingin tahu yang besar menjadi pendorong bagi mahasiswa untuk mengakses
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan.
1. Aspek pola pemanfaatan internet, setiap responden mempunyai pola sendiri dalam memanfaatkan internet seperti tempat mengakses, lama mengaskses internet dan juga situs yang diakses oleh mahasiswa. Tempat mengakses internet yang sering digunakan mahasiswa yautu di warnet, di rumah dan di lingkungan sekitar kampus.
2. Para Siswa dapat memanfaatan internet sebagai sumber belajar,
karena dengan internet dapat membantu mahasiswa
dalam mencari informasi dan tugas mata kuliah. Jika tidak ada tugas kuliah yang banyak di akses adalah
facebook, google,
yahoo, twitter dan youtube.
3. Faktor pendukung pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa antara lain tuntutan dari dosen untuk memenuhi tugas mata kuliah, sumber belajar yang ada di internet lebih lengkap, membantu dalam mendapat resensi mata kuliah, mempermudah untuk mengerjakan tugas, informasi yang ada lebih jelas dan valid, lebih cepat dalam pencarian informasi, sumber pengetahuan lebih lengkap, adanya fasilitas hotspot di kampus, berita yang up to date/baru, biaya lebih murah, mudah diakses, keingintahuan dan kebutuhan.
B. Saran
Berdasarkan temuan yang ada kiranya ada beberapa hal yang bisa disarankan untuk dilakukan diantaranya.
1. Agar pihak
Sekolah memperhatikan bahwa semakin tingginya tuntutan akan informasi oleh Pelajar dapat
diantisipasi dengan cara menyediakan layanan internet di perpustakaan Sekolah.
2. Agar pihak Sekolah memperluas fasilitas hotspot area di Sekolah
sehingga Pelajar
dapat lebih mudah
mengakses internet.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2005. Kamus Istilah Internet.
Hardjito. 2005. Internet untuk Pembelajaran.
Qomariyah, A.N. Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan Mahasiswa. S1 Departemen Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya.
Suryadi, MT. 1997. ICP/IP dan Internet Sebagai Jaringan Komunikasi Global Satu Referensi Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
No comments:
Post a Comment