google.com, pub-7319946092747683, DIRECT, f08c47fec0942fa0 kreasi-undangan.blogspot.com: Makalah MANFAAT INTERNET untuk PENDIDIKAN

Thursday, October 27, 2022

Makalah MANFAAT INTERNET untuk PENDIDIKAN

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga penulis dapat menyusun makalah tentang Manfaat Penggunaan Internet untuk pendidikan. Semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan para pelajar tentang seputar Internet dan Pemanfaatannya dalam bidang pendidikan, juga agar pembaca mengerti dan dapat ikut berperan serta dalam meningkatkan mutu pendidikan. Terima kasih penulis ucapkan Ibu Guru Pembimbing yang telah memberikan arahan mengenai cara pembuatan makalah sehingga makalah ini dapat dibuat sebaik mungkin.

Penulis menyadarai bahwa makalah ini belum sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun tentunya penulis harapkan dari para pembaca demi perbaikan dalam pembuatan makalah di masa-masa menatang



           Penyusun



BAB I

PENDAHULUAN

 A.       Latar Belakang               

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat, baik di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang adalah internet. Kehadiran internet telah mengubah sebagian besar cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari. Internet sebagai media interaktif dapat digunakan setiap orang untuk mendapatkan informasi dari seluruh dunia. Salah satu penggunanya adalah mahasiswa. Mahasiswa dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar alternatif selain buku untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Teknologi informasi mutakhir yang kini banyak dikenal, bahkan sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia adalah internet. Teknologi ini dapat menjadi ruang pertemuan virtual seluruh warga yang tinggal di bumi. Lewat internet, dunia seakan tak berjarak. Internet serasa telah menihilkan lokasi dan waktu. Komunitas penduduk dunia dapat tergabungkan secara maya melalui teknologi yang luar biasa ini. Akan tetapi, di Indonesia, fenomena ini rupanya belum dikenal masyarakat luas. Sebagai piranti teknologi yang memiliki manfaat di bidang yang beragam, internet belum banyak digunakan masyarakat. 

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, mulai banyak situs-situs yang menyediakan content-content untuk belajar. Jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, sehingga menyebabkan banyak bermunculan penyedia hosting situs dalam negeri yang salah satunya adalah situs dengan content berisi pendidikan. Hal ini membuat para pengguna internet yang sebagian besar adalah pelajar dapat memanfaatkan sebagai sumber belajar apabila mereka ingin mendapatkan informasi lebih banyak daripada yang didapatkan di kampus maupun untuk membantu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. 

Sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan adalah   akses   kepada           sumber   informasi.   Perpustakaan   yang   konvensional merupakan sumber informasi yang tidak murah. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah, sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya internet memungkinkan mengakses sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi. 

Internet merupakan salah satu produk teknologi yang dapat membantu kita meningkatkan taraf hidup melalui pendidikan. Meskipun masih banyak tantangan, kita masih bisa memanfaatkan internet sebesar mungkin. Seseorang dapat mengakses berbagai referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun artikel hasil kajian dalam berbagai bidang. Tidak lagi harus secara fisik pergi ke perpustakaan yang terbesar dari perpustakaan yang ada di mana saja. Seseorang cukup hanya duduk saja di depan komputer (tentunya menggunakan komputer yang dilengkapi fasilitas koneksi ke internet) dan menggunakannya. Informasi yang tersedia dan dapat diakses melalui internet tidak hanya ada atau terjadi di satu negara saja, tetapi juga yang terjadi di seluruh penjuru dunia (global world). Artinya, perkembangan yang terjadi di berbagai negara dapat dengan cepat diketahui oleh banyak orang. Demikian juga halnya dengan informasi yang menyangkut bidang pendidikan. Para akademisi merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet.

Sebenarnya internet bisa menjadi sumber belajar alternatif yang cukup efektif dan efisien. Selama ini, yang umum dikenal sebagai sumber belajar adalah buku dan pendidik. Padahal, semakin lama sumber belajar tradisional ini semakin terbatas, baik jumlah maupun distribusinya. Dalam hal ini internet bisa menjadi substitusi yang sifatnya lebih untuk melengkapi, bukan menggantikan peran pendidik secara keseluruhan. Pemanfaatan sumber belajar menggunakan alat bantu berbasis teknologi dengan media elektronik saat ini sangat umum digunakan di dunia pendidikan. Misalnya, penyebaran ilmu pengetahuan melalui pemutaran sebuah video, juga penggunaan media audio seperti kaset, hingga penggunaan media proyeksi dengan alat bantu komputer. Kesemua media ini sebenarnya berfungsi hampir sama dengan buku, yakni program yang diputar sesuai kebutuhan. 

Bedanya, visualisasi pada buku sangat kurang dan tidak semenarik jika dibandingkan visualisasi yang ditampilkan media elektronik. Apabila keterbatasan akan sumber belajar tradisional menjadi kendala pemerataan kualitas pendidikan, sumber referensi pengetahuan lain harus dicari. Untuk masa kini, internet bisa menjadi jawaban alternatif bagi sumber belajar. Kendala jarak, waktu dan lokasi telah dinihilkan dengan adanya internet. Selain itu, keragaman jenis informasi yang terdapat di dalamnya melebihi pengetahuan buku atau pendidik. Dalam kegiatan belajar di universitas, seorang mahasiswa harus membiasakan diri dengan cara baru dalam mengikuti pendidikan. Mahasiswa harus mencari sendiri bagaimana caranya untuk menyerap apa yang dikuliahkan oleh para dosen. Membaca berbagai literatur yang berkaitan dengan topik   yang   disampaikan   oleh   dosen   akan   memberikan   pemahaman   yang komprehensif dan memperluas wawasan. Seorang mahasiswa juga harus berupaya untuk berintegrasi dengan teknologi. Teknologi informasi sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan komunikasi membuat perubahan dalam melakukan sesuatu termasuk cara dalam mengidentifikasi dan mendapatkan informasi 

Sumberdaya informasi web atau internet tumbuh dan berkembang, bahkan dalam jenis tertentu melebihi jumlah yang berhasil dikumpulkan oleh perpustakaan bentuk fisik. Seiring dengan perubahan  paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan  motivator dalam pembelajaran. Pesatnya perkembangan kuantitas pengguna internet juga turut meningkatkan nilai manfaat dari internet itu sendiri. Namun sayangnya masih banyak dari pengguna internet yang belum memanfaatkan internet dalam mendukung pendidikan mereka, sebagai salah satu layanan temu balik informasi. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. Penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana para pelajar telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah. 

                             B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, ada beberapa masalah yang mengemuka yang perlu mendapatkan pembahasan yaitu:

1.  Bagaimana pola pemanfaatan internet oleh pelajar?

2.  Sejauh manakah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar para siswa?

3.  Faktor apa yang mendukung pelajar memanfaatkan internet sebagai sumber belajar?

 

C.       Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk:

1.    Mengetahui cara pemanfaatan internet oleh para pelajar.

2.     Mengetahui sejauhmana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Para pelajar.

3.    Mengetahui faktor yang mendukung para pelajar memanfaatkan internet sebagai 

   sumber belajar. 

D.       Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah:

1.      Bagi penulis, untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman  tentang sejauh mana peran internet sebagai sumber belajar.

2.      Bagi pemerhati internet, untuk mengetahui sejauhmana internet dimanfaatkan dalam mendukung kegiatan perkuliahan.

3.      Bagi pelajar,  sebagai   tambahan   pengetahuan   tentang   pemanfaatan internet sebagai sumber belajar.


7

 
BAB II

PEMBAHASAN

 

A.  Internet dan Manfaatnya 

Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai                                        jaringan   komputer   yang  menghubungkan beberapa rangkaian . Jaringan internet  juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global. Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Semua komputer yang terhubung ke internet melakukan pertukaran informasi melalui protokol yang sama yaitu dengan cara TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol

Internet             adalah  milik     publik,    saling   bekerjasama  dan   fasilitas berkesinambungan (selfsustaining) kepada ratusan bahkan jutaan manusia di seluruh dunia. Secara fisik, internet menggunakan sebagian sarana jaringan telekomunikasi publik. Secara teknik, internet menggunakan protokol TCP/IP. Intranet dan ekstranet adalah jaringan komputer yang masih tergabung dalam satu perusahaan, lokasi   masing-masing   komputer   yang   menghubungkan   antara perusahaan dengan pemasoknya atau antara perusahaan dengan para pelanggannya.

Peranan dan penggunaan internet telah mulai dikenal pasti dapat membantu pengurusan dalam sistem pendidikan negara khususnya dalam pelaksanaan proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas yang secara langsung melibatkan mahasiswa sebagai peserta didik, tenaga pengajar dan orang tua serta masyarakat yang peduli dengan pendidikan Penggunaan mail elektronik (e-mail) di kalangan para pelajar dapat meningkatkan semangat belajar. Nolan dan Martin (1994) menyatakan bahwa pembelajaran dalam suasana baru seperti menggunakan internet telah membawa banyak perubahan pada peserta didik. Peserta didik lebih  memahami materi yang ada dalam internet dan dapat berpikir kritis. Peranan internet bagi pelajar guna pengembangan daya atau kemampuan berpikir kritisnya yaitu sebagai berikut 

A.  Fasilitas yang Tersedia di Internet 

Fasilitas aplikasi internet cukup banyak sehingga mampu memberikan dukungan bagi keperluan militer, akademisi, kalangan media massa, maupun kalangan bisnis. Diantara keseluruhan fasilitas internet tersebut terdapat aplikasi standar internet yang dapat dipergunakan untuk keperluan pendidikan antara lain yaitu: 

1.  World Wide Web (www) 

World Wide Web adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web). World Wide Web (biasa disingkat WWW) atau web adalah salah satu dari sekian banyak layanan yang ada di internet. Layanan ini paling banyak digunakan di internet untuk menyampaikan informasi karena sifatnya mendukung multimedia. Artinya informasi tidak hanya disampaikan melalui teks, tapi juga gambar, video dan suara. Web Server adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang memberikan informasi.

 

2.  E-Mail 

Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia. Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi.

 

3.  File Transfer Protocol (FTP) 

FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah- perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.

 

4.  Newsgroup 

Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa newsgroup. zSetiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjai beberapa   subtopik   dibawahnya   contoh   newsgroup:   rec.arts.cinema 

5. Search Engine 

Untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat melalui halaman internet, saat ini telah dikembangkan mesin pencari ada banyak pilihan search engine yang bisa dimanfaatkan dan masing-masing memiliki keistimewaan. Namun pada prinsipnya semua search engine mempunyai fungsi sama yaitu mencari serta menganalisis semua halaman web, kemudahan membuat indeks kata bersama dengan daftar URL, halaman dan tempat dimana kata kunci yang dicari dapat ditemukan. Ada beberapa search engines yang populer dan sering dimanfaatkan antara lain yaitu Yahoo dan Google.

 

B.  Faktor Pendukung Pemanfaatan Internet Sebagai 

      Sumber Belajar

 

Berkenaan dengan faktor pendukung pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. berikut adalah petikan hasil wawancara dengan responden mengenai factor pendukung internet sebagai sumber belajar. 

Faktor-faktor tersebut antara lain: 

1.      Sumber belajar yang ada di internet lebih lengkap


Berbeda dengan buku, internet menyediakan sumber wacana yang lebih lengkap. Buku yang ada hanya menyediakan informasi terntentu sesuai dengan judul buku yang ada. Sedangkan internet menyediakan banyak informasi sebagai sumber belajar sesuai dengan informasi yang dicari.

 

2.      Mempermudah untuk mengerjakan tugas

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa internet sangat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas. Dalam internet menyediakan banyak informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pelajaran. Namun  banyak pelajar yang menyalahgunakan penggunaan internet dalam membantu pengerjaan tugas sekolah. Sebagian besar pelajar hanya mengambil informasi yang berhubungan dengan tugas misalnya, jika pelajar mendapat tugas membuat makalah, maka pelajar akan mencari makalah yang isinya sama dengan tugas mereka

 

3.      Informasi yang ada lebih jelas dan valid

 

Informasi yang ada di internet setiap hari selalu mengalami pembaruan. Hal tersebut yang mendorong mahasiswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. “Informasi yang ada di internet biasanya setiap hari ada yang baru.

 

4.      Lebih cepat dalam pencarian informasi

 

Kecepatan dalam mendapatkan informasi adalah salah satu faktor yang mendukung pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Pelajar tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari informasi yang mereka inginkan. “Mencari informasi atau data di internet lebih cepat daripada mencari di buku, waktunya banyak terbuang untuk mencari buku. Kita harus mencari dulu buku.

 

5.      Sumber pengetahuan lebih lengkap

 

Sumber pengetahuan yang ada di internet lebih lengkap dibandingkan sumber belajar yang lain. Pengetahuan yang ada pun tidak hanya berasal dari dalam negeri melainkan dari berbagai negara yang ada di seluruh belahan dunia. Pengetahuan yang ada pun tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia melainkan menggunakan bahasa universal atau bahkan bahasa yang ada di masing-masing negara.

 

6.      Berita yang up to date (terbarukan)

 

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa berita atau informasi yang ada di internet selalu mengalami pembaruan atau selalu up date. Pembaruan tersebut sangat membantu dalam mendapatkan informasi yang aktual dan terpercaya.

 

7.      Biaya lebih murah

 

Biaya yang terjangkau merupakan faktor pendukung internet dijadikan sumber belajar. Dikatakan murah karena mahasiswa tidak perlu membayar mahal untuk membeli informasi yang mereka butuhkan. Akan tetapi mereka hanya cukup membayar biaya dalam mengakses internet. Biaya yang mereka
 keluarkan setiap mengakses dapat dijangkau oleh uang yang mereka miliki.

 

 

8.      Mudah diakses

 

Kemudahan akses internet menjadikan internet sebagai sumber belajar favorit di kalangan mahasiswaa. Kemudahan akses ini didukung dengan banyaknya provider yang menyediakan jasa internet. Persaingan dunia telekomunikasi menyebabkan semakin mudahnya orang mengakses internet.

 

9.      Keingintahuan

 

                Rasa ingin tahu yang besar menjadi pendorong bagi mahasiswa untuk mengakses 
                internet. Dari internet mahasiswa memperoleh jawaban dari rasa keingintahuannya            
                tersebut.


BAB III

PENUTUP 

 

A.       Simpulan 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan. 

1.              Aspek pola pemanfaatan internet, setiap responden mempunyai pola sendiri dalam memanfaatkan internet seperti tempat mengakses, lama mengaskses internet dan juga situs yang diakses oleh mahasiswa. Tempat mengakses internet yang sering digunakan mahasiswa yautu di warnet, di rumah dan di lingkungan sekitar kampus. 

2.                Para Siswa dapat memanfaatan internet sebagai sumber belajar, karena dengan internet dapat membantu mahasiswa dalam mencari informasi dan tugas mata kuliah. Jika tidak ada tugas kuliah yang banyak di akses adalah facebook, google, yahoo, twitter dan youtube. 

3.            Faktor pendukung pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa antara lain tuntutan dari dosen untuk memenuhi tugas mata kuliah, sumber belajar yang ada di internet lebih lengkap, membantu dalam mendapat resensi mata kuliah, mempermudah untuk mengerjakan tugas, informasi yang ada lebih jelas dan valid, lebih cepat dalam pencarian informasi, sumber pengetahuan lebih lengkap, adanya fasilitas hotspot di kampus, berita yang up to date/baru, biaya lebih murah, mudah diakses, keingintahuan dan kebutuhan. 

 

B. Saran 

Berdasarkan temuan yang ada kiranya ada beberapa hal yang bisa disarankan untuk dilakukan diantaranya. 

1.           Agar pihak Sekolah memperhatikan bahwa semakin tingginya tuntutan akan informasi oleh Pelajar dapat diantisipasi dengan cara menyediakan layanan internet di perpustakaan Sekolah.

 

2.     Agar pihak Sekolah memperluas fasilitas hotspot area di Sekolah
sehingga Pelajar dapat lebih mudah mengakses internet.



DAFTAR PUSTAKA 

 

Anonim. 2005. Kamus Istilah Internet.  

Hardjito. 2005. Internet untuk Pembelajaran. 

Qomariyah, A.N. Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan Mahasiswa. S1 Departemen Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya. 

 

Suryadi, MT. 1997. ICP/IP dan Internet Sebagai Jaringan Komunikasi Global Satu Referensi Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo




BACA JUGA :

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Lirik Lagu Daerah Kota Prabumulih | Lagu Sumatera Selatan ( Sumsel ) | Seinggok sepemunyian | Nanas Prabumulih | Cerite Lame | Ya Saman

SEINGGOK SEPEMUNYIAN Cipt    : Albani                  Voc     : Zulkuspa/Marisca Seinggok sepemunyian Janganlah kite b...

TOPIK POPULER