google.com, pub-7319946092747683, DIRECT, f08c47fec0942fa0 kreasi-undangan.blogspot.com: 5 CONTOH SIMBIOSIS MUTUALISME beserta GAMBARNYA

Friday, February 9, 2024

5 CONTOH SIMBIOSIS MUTUALISME beserta GAMBARNYA

 

SIMBIOSIS MUTUALISME

 

1. Semut dan Kutu Daun


Semut memakan honeydew yang dihasilkan oleh kutu daun. Imbal baliknya, kutu daun mendapatkan perlindungan ekstra semut dari para predator dan parasit. Mengutip Natural History Museum, kutu daun adalah serangga penghisap getah kecil yang mengeluarkan honeydew. Honeydew adalah cairan manis yang merupakan produk limbah dari makanan mereka.

 

2. Kelelawar Berbulu dan Tanaman Kantong Semar


 Serangga dan hewan lain mungkin akan memilih menghindari tanaman karnivora itu. Namun, berbeda dengan kelelawar berbulu, mereka justru menjadikan Nepenthes hemsleyana, jenis tanaman kantong semar tropis di Kalimantan, sebagai lubang persembunyian untuk beristirahat. Keuntungan yang didapat tanaman yakni kotoran yang dihasilkan kelelawar mengandung nutrisi yang dibutuhkan kantong semar untuk bertahan hidup.

 

3. Terumbu Karang dan Ganggang laut


 Warna-warna cerah terumbu karang berasal dari ganggang laut zooxanthellae yang memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengannya. Terumbu karang menyediakan tempat berlindung dan nutrisi penting bagi zooxanthellae untuk digunakan selama fotosintesis. Sebaliknya, zooxanthellae menghasilkan gula sintesis sebagagi bahan makanan karang serta oksigen sebagai produk sampingan. Hidup terlalu lama tanpa ganggang dapat berakibat fatal bagi karang.

 

4. Burung Pelatuk dan Mamalia besar

Burung pelatuk menghabiskan banyak waktu di atas tubuh mamalia besar, seperti rusa kutub, badak, hingga zebra. Sebab, burung-burung ini dapat dengan mudah melahap parasit yang menempel di tubuh mamalia, termasuk kutu dan lalat penghisap darah. Di sisi lain, mamalia besar ini terbantu karena burung pelatuk membantu menghilangkan parasit dari tubuh mereka.


5. Ikan Badut dan Anemon Laut



Contoh simbiosis mutualisme lainnya adalah hubungan antara clownfish (ikan badut) dan anemon laut. Anemon laut menjebak mangsanya dengan penyengat di tentakel mereka. Mereka melumpuhkan hewan yang tersengat sehingga dengan mudah membawa hewan itu ke mulutnya untuk dimakan. Beruntungnya, ikan badut mengeluarkan zat dalam lendir yang menutupi tubuh mereka sehingga terlindung dari sengatan anemon. Clownfish pun bisa nyaman berenang di antara tentakel anemon. Mereka jadi terlindungi dari pemangsa potensial.

---ooOoo---


Baca Juga :

 

No comments:

Post a Comment

SEPATU WANITA KOREA KEREN & MURAH

 SEPATU WANITA KOREA STYLE  MURAH BANGET ! LIHAT DETAIL & HARGA MESIN SERBAGUNA  PENGGILING DAGING PORTABEL HARGA MURAH BANGET ! Cuma S...

TOPIK POPULER