google.com, pub-7319946092747683, DIRECT, f08c47fec0942fa0 kreasi-undangan.blogspot.com: Contoh Proyek Ecoprint | Penguatan Profil Pelajar Pancasila | Proposal Makalah SMP

Monday, February 19, 2024

Contoh Proyek Ecoprint | Penguatan Profil Pelajar Pancasila | Proposal Makalah SMP

 

MODUL

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

TENTANG GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

 

TEMA: ECOPRINT SALAH SATU SOLUSI UNTUK

KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN

 

 

 --------------------------------------------------------------------------------------

                                            KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadiran ALLAH SWT karena   dengan rahmat karunia serta taufik dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema ecoprint salah satu solusi untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, membuat tempat pensil.

   Pada kesempatan ini kami satu kelompok mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini terutama nya guru koordinator kami bapak "………" serta guru pembimbing yang lain yang tidak bisa kami sebutkan nama nya satu persatu dan juga terima kasih kepada teman-teman satu kelompok yang sudah banyak membantu selama kegiatan P5 ini.

Harapan kami semoga laporan proposal ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMP NEGERI ……… sebagai referensi proses pembelajaran ecoprint.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR ISI

 

HALAMAN PENGESAHAN ..............................................  i

KATA PENGANTAR  .......................................................... ii

DAFTAR ISI ........................................................................ iii

 

BAB I  PENDAHULUAN

• LATAR BELAKANG ....................................................... 1

• TUJUAN ........................................................................... 1

• MANFAAT ........................................................................ 2

 

BAB II PEMBAHASAN

• TEKNIK PEMBUATAN ECOPRINT .............................. 3

• ALAT DAN BAHAN ....................................................... 3

• LANGKAH PEMBUATAN ............................................. 4

 

BAB III PENUTUP ............................................................ 5

-----------------------------------------------------------------------

BAB I

                                               PENDAHULUAN

• LATAR BELAKANG

          Ecoprint adalah teknik pencetakan yang inovatif dan ramah lingkungan.teknik ini menggunakan tinta ramah lingkungan yang dibuat dari bahan-bahan alami, seperti ekstrak tanaman dan mineral, yang tidak hanya mengurangi dampak lingkungan tetapi juga memberikan hasil cetakan yang luar biasa.

           Ecoprint merupakan salah satu teknik pewarnaan dan pemberian motif pada kain dengan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan. bahan tersebut berasal dari tumbuhan seperti kulit batang pohon, daun, bunga atau bagian tumbuhan lainnya yang mengandung pigmen warna.bagian tumbuhan yang sering digunakan untuk ecoprint diantaranya yaitu daun jati, daun kelor,daun jarak dan lain sebagainya.

 

•  TUJUAN

1. Penting untuk menjaga bumi kita tetap hijau

2. Ecoprint menggunakan bahan-bahan  yang tidak merusak lingkungan

3. Mengurangi limbah plastik dan kimia berbahaya

4. Mencetak dengan menghemat SDA seperti air,dan energi

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

• MANFAAT ECOPRINT UNTUK LINGKUNGAN

Manfaat ecoprint untuk lingkungan sangat besar. dengan mengurangi penggunaan tinta berbahan kimia dan kertas biasa,kita secara signifikan mengurangi jejak karbon dan limbah yang dihasilkan oleh industri percetakan. ini membantu dan melindungi ekosistem kita, termasuk hutan dan lautan yang penting bagi kehidupan di bumi.

 

MANFAAT ECOPRINT UNTUK KESEHATAN

Ecoprint juga memiliki manfaat untuk kesehatan kita. dibandingkan dengan tinta konvensional yang mengandung bahan kimia berbahaya,tinta ecoprint lebih aman digunakan. ini berarti bahwa kita tidak hanya merawat lingkungan, tetapi juga melindungi kesehatan kita dan keluarga.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BAB II

PEMBAHASAN

  TEKNIK PEMBUATAN ECOPRINT

A.) TEKNIK POUNDING (DIPUKUL)

         Pounding printing merupakan teknik pembuatan motif pada kain dengan cara dipukul. proses pengerjaan kain ecoprint dengan teknik pounding ini sangat sederhana sehingga banyak yang menggunakan cara ini untuk membuat kain ecoprint. teknik pounding printing dilakukan dengan meletakkan beberapa bunga atau daun diatas kaun, kemudian memukul nya menggunakan palu. untuk menghasilkan hasil ecoprint yang maksimal.

 ALAT DAN BAHAN

1.    Kertas koran

2.    Plastik

3.    Palu berbahan kayu

4.    Dedaunan yang masih segar, seperti daun afrika,euclyptus, jarak, jaran, jati, johar, kalpataru, kenikir,kersen, kesumba,dll

5.    Kain (katun,linen,sutra,dan rayon)

6.    Baskom cuci

7.    Tawas

8.    Air

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN

1. Siapkan kain yang akan diwarnai,kertas untuk alas, palu,tawas serta beberapa bagian tumbuhan yang mengandung pigmen-pigmen warna.

2. Bentangkan kertas/plastik di atas permukaan lantai untuk melindungi kain agar tidak kotor, kemudian letakkan kain diatasnya.

3. Letakkan bagian tumbuhan yang telah disiapkan diatas kain ditata sedemikian rupa supaya menghasilkan motif yang indah, tutupi dengan plastik.

4. Selanjutnya dipukul - pukul dibagian kain yang terdapat bunga atau daun supaya mengeluarkan warna secara maksimal.

5. Setelah selesai memukul, biarkan selama 15 menit kemudian kain baru bisa dibuka dan dibersihkan dari daun atau bunga yang menempel, diamkan kain tersebut selama 2- 3 hari supaya warna meresap dengan sempurna.

6.  Selanjutnya dibilas pada air yang telah dicampur tawas tanpa perlu diperas langsung dijemur.

7. Setelah kering, kain direndam lagi dengan air tawas selama 1 jam agar warna tidak luntur saat dicuci,sampai disini produk ecoprint siap digunakan.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BAB III

PENUTUP

Demikianlah proposal ini yang kami ajukan, mudah - mudahan kegiatan ini dapat terlaksana dan terealisasikan sesuai apa yang diharapkan kami semua, memberikan manfaat untuk sesama dan juga tentunya kami mengharapkan adanya dukungan dan partisipasi dari semua kelompok yang terlibat dalam kegiatan ini.


No comments:

Post a Comment

SEPATU WANITA KOREA KEREN & MURAH

 SEPATU WANITA KOREA STYLE  MURAH BANGET ! LIHAT DETAIL & HARGA MESIN SERBAGUNA  PENGGILING DAGING PORTABEL HARGA MURAH BANGET ! Cuma S...

TOPIK POPULER